Rabu, 03 Juni 2015

Mengatasi Moto E tidak bisa menyala karena baterai habis


Moto E adalah produk smartphone Motorola yang murah dan cukup laris dipasaran, ponsel tersebut masih terus dipertahankan hingga sekarang, terbukti dengan meluncurnya Moto E generasi terbaru. Ponsel Motorola terbaru kini kebanyakan memang menggunakan baterai tanam atau non removable battery dan tentunya tidak bisa dilepas.


Dengan baterai yang tidak bisa dilepas itu cukup membingungkan juga ketika sedang mengalami masalah seperti hang atau seperti yang saya alami beberapa waktu lalu yaitu saat baterai Moto E saya benar - benar habis hingga ponsel mati. Ketika itu saya memang sedang tidak berada di rumah atau sedang keluar dan baterai ponsel saya memang sudah cukup tipis. 

Ketika saya mengisi baterainya (Charge) memang menunjukkan indikator sedang mengisi daya, tetapi setelah saya tinggal beberapa waktu dan saya cek ternyata masih tetap saja menunjukkan 0%, setelah itu saya coba menyalakan ponsel saya dan hanya menyala blank putih indikator berkedip lalu mati. Saya ulang dengan meninggalkan untuk mengisi daya, tetapi masih tetap saja tidak terisi.

Akhirnya saya mencari di berbagai forum android dan Motorola, ternyata banyak juga yang mengalami masalah seperti ini di Moto E nya, dan pada Moto G juga. Dan banyak cara untuk mengatasi masalah ini yang saya temukan di forum" tersebut seperti,

1. Tetap menyambungkan charger ke ponsel kalian selama mungkin.
2. Ketika kalian mengisi daya pada Motorola kalian, gunakan charger original atau bawaan dari Motorola.
3. Tetap mengisi daya dan tekan (terus) tombol power beberapa menit hingga muncul logo Motorola dan sedikit bergetar

Dan akhirnya solusi ketiga lah yang bisa menghidupkan Moto E saya lagi, dan setelah masalah ini saya tidak pernah lagi membiarkan ponsel saya mati kehabisan baterai, lebih baik mematikan ponsel sebelum baterai habis, dari pada membiarkannya hingga mati, karena ternyata baterai li-ion memang tidak baik dibiarkan sering terkuras habis, karena dapat mengganggu sel penyimpan energi di dalamnya yang menyebabkan baterai cepat aus atau kembung. Mengisi daya yang baik adalah mengisinya saat baterai menunjukkan angka 20% an. 

Sekiann.. semoga tulisan atau *curhatan saya bisa membantu  

2 komentar:

  1. terima kasih infonya, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  2. Thankyouuuuu.. tadinya hp saya nge heng, bukan habis batrey sih (masih 23%) tapi gatau kenapa tiba tiba mati dan nge restart sendiri, belum sampe ke menu awal udah nge heng wkwk (yg muncul di layar logo moto/lenovo),, mau matiin gabisa eh ketemu solusinya disini,>> tekan (terus) tombol power beberapa menit << very helpful hehe.. God Bless :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...